• Jogja Kota Batik Dunia

    Sebuah predikat bergengsi dan prestasi yang diraih Daerah Istimewa Yogyakarta yang diberikan oleh Crafts World Council (WCC) di Area Regional Asia Pasifik, sebuah lembaga swadaya internasional yang berafiliasi dengan UNESCO dan fokus pada peningkatan apresiasi terhadap berbagai kegiatan dan isu Komunitas Kriya di dunia.

  • Tradisi untuk Inovasi

    Jogja International Batik Biennale (JIBB) 2016 bertujuan untuk berkontribusi pada pengembangan batik di Indonesia dan juga sebagai media untuk semakin mengenalkan tradisi batik di dunia.

  • Simposium Batik Internasional

    Ini adalah acara “ngobrol” tentang batik yang melibatkan pengamat, pecinta, dan pelaku batik dari Indonesia dan dunia dengan tema “Batik – Tradisi untuk Masa Kini” yang mencakup “Batik sebagai Warisan, Identitas dan Ekonomi”.

  • Inisiatif penyelenggaraan Jogja International Batik Biennale (JIBB) pada tahun 2016 didasarkan pada rasa tanggung jawab dari “seniman batik” di Yogyakarta yang bersama-sama dengan para pemangku kepentingan untuk terus menjadi sadar akan “penyelamatan, pelestarian, pengembangan, dan pemberdayaan” batik.

  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4

  • Dewan Kerajinan Dunia, atau Craft Council Dunia (WCC) telah mencanangkan Yogyakarta sebagai Kota Batik Dunia pada 18 Oktober 2014, di kota Dongyang, China. Yogyakarta dianggap telah memenuhi tujuh kriteria (nilai sejarah, orisinalitas, pelestarian, nilai ekonomi, nilai global yang ramah lingkungan dan keberlanjutan).

    Mendapatkan gelar di atas tentu sesuatu yang harus disyukuri, serta membuat Daerah Istimewa Yogyakarta harus senantiasa bertanggung jawab untuk selalu menjaga dan mengembangkan ketujuh kriteria di atas, serta menunjukkan kepada masyarakat Indonesia dan internasional bahwa kita benar-benar layak mendapatkan gelar tersebut. Sehubungan dengan itu, Jogja International Batik Biennale (JIBB) 2016 yang acara utama akan diselenggarakan pada 12-16 Oktober 2016 di Yogyakarta, bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap perkembangan batik di Indonesia dan juga sebagai media untuk semakin mengenalkan tradisi batik di dunia.

    Yogyakarta, June 20th, 2016

    Dr. Ir. Didik Purwadi, M. Ec

    General Chairman of Organizing Committee

  1. 1

NEWS & UPDATE

Desainer Malaysia dan India Hadir di International Batik Biennale

October 12, 2016 Jakarta – Desainer internasional dari Malaysia dan India ambil bagian dalam Yogyakarta International Batik Biennale yang digelar di Jogja Expo Center (JEC), 12-16 Oktober 2016 ini. Mereka akan memamerkan batik khas negaranya pada perhelatan fashion show hari kedua di Royal Ambarrukmo Hotel. “Unesco sudah menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia dan akar rumpun batik dari … Read More

Goresan Batik Mufidah Jusuf Kalla Resmi Buka JIBB 2016

October 12, 2016 Ketua Penyelenggara Jogja International Batik Biennale (JIBB) Didik Purwadi menyatakan bahwa gelaran JIBB untuk mempertegas Yogyakarta kota batik dunia. “Kita akan hadirkan, terkait sejarah batik di Indonesia, untuk masyarakat agar memahami batik Yogyakarta,” katanya saat konferensi pers di kantor Dewan Kerajinan Nasional DI Yogyakarta, Selasa (11/10). JIIB akan dibuka besok, Rabu (12/10), di Jogja Expo … Read More

JOGJA INTERNATIONAL BATIK BIENNALE DI BUKA OLEH IBU MUFIDA JUSUF KALLA

October 12, 2016 Yogyakarta – Perhelatan perdana Jogja International Batik Biennale (JIBB) 2016 yang digelar Rabu (12/10), diresmikan oleh Mufidah Jusuf Kalla di Jogja Expo Center Banguntapan Bantul, pukul 10.00 WIB. Acara dibuka dengan tarian Gebyar Batik oleh Yogyakarta Dancer. Dalam laporan Ketua Dekranasda Jogjakarta yang dibacakan oleh wakilnya, menggatakan pagelaran ini digelar sebagai pemaknaan Jogja sebagai Kota … Read More

GALLERY

 

Load More…Follow on Instagram

 

logodknlogjogjalogist f01f02f03f04f05f0abf06f07f08f09f10f11f12f13f14 a1_wcca2_ugma3_pgn b1_sekarjagadb2_ybib3_kadindiyb4_interpro c1_mandiric2_waskitac3_imecoc4_bric5_bcac6_pegadaianc7_bni d1_madubarud2_hayanad3_munculd4_mtgd5_antamd6_rahd7_amplazd8_bpd e1_margariae2_e3e3_jhse4_apipse5_slemane6_jawapose7_kre8_kompas f1_globalf2_mbsf3_jizf4_armaf5_rpf6_yashicaf7_adif8_jtvf9_krisna